Minggu, 08 April 2018

Layanan Google yang wajib diketahui oleh seorang blogger


Buat anda yang  mempunyai blog dan serius untuk mengembangkan nya, disini saya akan posting mengenai  beberapa layanan google yang harus diketahui oleh seorang blogger. Tulisan ini saya rangkum dari beberapa sumber dan saya simpan di dalam blog saya. Dan saya posting  khusus buat anda yang masih pemula di dunia blog. Dan tentunya  juga menjadi referensi buat saya dalam mengelola dan mengembangkan blog saya.

Google Webmaster Tools


Apakah Google Webmaster tools itu? Apa Manfaatnya ?


Layanan ini dapat digunakan melalui  link https://www.google.com/webmasters/tools.
Google menyediakan ini gratis buat para blogger yang menggunakan blogspot.
Dengan menggunakan webmaster tool anda bisa mengamati aktivitas dari web anda dalam mesin pencari.
Manfaat menggunakan Google Webmaster Tools

1.       Memberi fasilitas konfigurasi

Fasilitas konfigurasi pada Google Webmaster Tools memungkinkan kita untuk mengatur target geografis sesuai tujuan, URL parameter, tautan situs, pengaturan pengguna Google Webmaster, perubahan alamat dan lain lain.

2.       Memberi informasi tentang aktifitas website.

Mengetahu kesalahan peryapan (crawl) oleh google, kesalahan server dan kesalahan URL.
Mengetahui banyaknya URL yang diindeks oleh Google
Mengetahui URL yang dicekal karna salah setting dalam pengaturan situs
Mengetahui keyword (Kata kunci) yang digunakan pengunjung dalam mengunjungi situs kita
Mengetahui banyak link yang kita klik oleh para pengunjung
Dan Info lainnya yang terkait dengan website

3.       Mengetahui  Kinerja website

Google mempertimbangkan lamanya waktu untuk membuaka suatu website dalam memberikan peringkat dalam algoritmanya.
Dengan Google Webmaster pemilik website bisa mengetahui kecepatan loading dari websitenya. Seberapa cepat loading situs ketika diakses dan perbandingan dengan situs yang lain. Bisa dilihat dari grafik history tentang kecepatan dan beban situs kita.

4.       Deteksi malware

Sebuah situs yang terdaftar di Google Webmaster Tools dan telah diverifikasi, google akan memberitahu tentang informasi ketika ia menemukan malware di situs tersebut. Ia menunjukkan pada website tersebut tentang suatu yang mencurigakan dan dianggap sebagai malware. Ia juga menawarkan saran tentang solusi untuk memecahkan masalah tersebut.
Setelah kita memecahkan masalah malware, Anda dapat kembali ke Google Webmaster Tools dan google menelusuri ulang situs untuk memastikan bahwa ia tidak lagi mendeteksi masalah malware, begitu juga pengunjung website kita, mereka yang menggunakan aplikasi google chrome tidak lagi melihat pesan peringatan ini. Ini adalah hal yang penting dalam mengupayakan keamanan situs kita.

5.       Meningkatkan kualitas dan page rank website

Google Webmaster tool juga mendukung upaya situs dalam meningkatkan pergerakan pagerank. Kita bisa melakukan upaya tersebut melalui penyempurnaan HTML dengan menghapus link yang rusak, duplikat konten, duplikat meta deskripsi, dan memperbaiki judul tag yang hilang (Salah satu penyebabnya katna kita lupa menulis judul posting, sedangkan google telah mengindeks URL posting tersebut). Dan lain sebagainya.

6.       Perpindahan historical data dari satu domain ke domain lainnya.

Google menyediakan cara praktis untuk menjaga data historis dari Google Webmaster Tools, meskipun jika profil situs telah berubah karena domain situs juga berubah. Jika kita memiliki domain baru dan menginginkan untuk berpindah domain, maka cukup membuat domain itu dengan google webmaster tool  dan menverifikasinya, seperti yang akan kita lakukan pada setiap situs. Kemudian gunakan perubahan fitur Alamat di Google Webmaster Tool untuk mengingatkan google dalam memindahlan data historis dari profil domain lama ke yang baru

Jika anda belum terdaftar silahkan mendaftar dulu di Google  Webmaster Tools karna ini sangat bermanfaat bagi website kita terutama blog.



Google Analytics



Anda bisa mendaftar layanan ini melalui halaman www.google.com/analytics/
Google analytic merupakan layanan gratis dari google yang menampilkan statistic pengunjung sebuah situs web.
Untuk mendaftar pada google analytic seseorang hanya perlu akun google.
Google Analytic dapat menelusuri pengunjung berdasarkan mesin pencarian, iklan, jaringan pay per click, email marketing dan juga tautan yang ada dalam dokumen PDF.
Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytic juga bermanfaat untuk menganalisis efektifitas iklan AdWords yang dipasang di Google.
Dengan Google Analytic, pengguna dapat menetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak disambungkan ke situs web pengguna.
Aplikasi Google Analytic juga digunakan untuk mengetahui kepadatan traffic dari website atau blog.

Dengan menggunakan Google Analytic seseorang dapat membuat report tentang traffic website atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan atau bulanan.

(apa itu google analytic dan mengenal fitur dan control utama google analytic.

Di google analytic anda bisa melihat total pengunjung anda, bahkan yang sedang online sekalipun


Google Keyword Planner


Keyword Planner merupakan fasilitas penunjang dari Google AdWord. Namun bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja yang ingin menganalisa jenis kata kunci untuk blognya. Keyword Planner bisa diakses melalui https://adwords.google.com/KeywordPlanner dengan terlebih dahulu mendaftar di Google Adwords.

Dengan menggunakan Google Keyword Planner bisa membantu anda untuk melakukan riset kata kunci, mencari kata kunci yang potensial utuk mendapatkan peluang untuk mendatangkan pelanggan .

Ada banyak manfaat yang didapatkan salah satunya adalah mengetahui kata kunci yang paling unggul dan dicari oleh pengguna google. Selain itu bagi pengguna adwords juga bisa menentukan bid / harga yang diberikan untuk satu klik dengan mudah dengan memanfaatkan saran dari google. Selain itu bisa memantau competitor yang sering menggunakan kata kunci yang serupa.

Apa yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner

Saran kata kunci yang relevan


Google menyarankan kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang kita cari, sehingga akan menambah banyak informasi yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Penelusuran Bulanan Rata Rata


Google menampilkan volume pencarian bulanan untuk kata kunci tersebut, sebagai saran untuk blog pemula bisa mencari trafik dengan volume rata rata di atas 1000, selain itu untuk yang besar bisa menggunakan kata kunci dengan volume pencarian bulanan 9000

Persaingan :


Google memberikan informasi menegani persaingan kata kunci, anda bisa melakukan riset kata kunci tersebut untuk mengetahui persaingan kata kunci tersebut.
Ada beberapa tingkat persaingan seperti :
High (Persaingan yang tinggi, banyak competitor yang menggunakan kata kunci serupa.
Medium tingakt persaingan sedang
Low – Tingkat persaingan rendah.
Tawaran yang disarankan merupakan bagian dimana anda bisa menggunakan BID minimal untuk budget iklan anda di Googke Adword.
  

FeedBurner


Awalnya layanan ini tidak sepenuhnya milik google, namun kemudian diakuisisi dan kini sepenuhnya ada dalam kekuasaan google. Layanan ini juga penting bagi blogger Karena mengingatkan kita untuk membuat pengaturan feed. Feedburner bisa diakses melalui www.feedburner.com/ atau feedburner.google.com/fb/a/myfeeds.

FeedBurner merupakan layanan managemen umpan web (web feed) yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (managemen tools) untuk blogger dan podcaster serta aplikasi publikasi lain yang berbasis web (ref : Wikipedia)

Layanan ini menyediakan analissis lalu lintas pengunjung situs dan system periklanan yang dapat dipilih.

Feed =Burner sendiri memiliki banyak fitur, misalnya pengecekan statistic optimasi feed. Banyak blogger bertanya manfaat penggunaan FeedBurner.
Dengan menggunakan Feed Burner pengguna diberi kemudahan mempublikasikan konten sehingga orang lain lebih mudah melakukan subscribe dan pendistribusian feed lebih compatible untuk semua jenis perangkat lunak subscriber
  

PageSpeed Insights


PageSpeed Insight adalah layanan gratis dari google untuk pengguna website untuk mengetahui dan mengukur kinerja sekaligus untuk mengukur kecepatan kinerja website. Jika diakses dari perangkat seluler ataupun dari perngkat desktop, Pada Page speed Insight anda bisa mengecek kesehatan dan kecepatan blog anda dari layanan ini. Google juga menyediakan saran apa saja yang harus anda lakukan untuk memperbaiki  kesalahan pada blog anda. Layanan ini bisa di akses melalui https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.
  

Google Trends


Apayang dimaksud dengan  google trend? Google  Trends adalah salah satu layanan dari Google yang dapat diakses secara gratis. 
Google Trends menyajikan data apa saja yang orang – orang cari di Google. Mulai dari beberapa tahun terakhir sampai hari ini. Menampilkan topic pencarian dalam bentuk grafik statistic dengan menampilkan popularitas topic pencarian dalam waktu tertentu
Semua bisa dipelajari untuk menentukan jenis kata kunci yang ingin dipakai. Layanan ini bisa diakses melalui https://www.google.com/trends/.
Dengan google Trend anda bisa membandingkan topic topic pavoritnya dengan topic topic di seluruh dunia. Google Trend juga akan menampilkan seberapa sering suatu topic muncul di google news dan dikawasan mana topic tersebut paling banyak dicari.
Dengan Google Trend seseorang dapat mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang di pakai dan darimana asal orang yang mencari kata kunci tersebut

Cara menggunakan Google Trend


Saat melakukan penelusuran di google trend, anda memiliki opsi untuk menetapkan empat variable atau parameter  seperti :

Worldwide
Pada menu ini anda dapat memilih pencarian dengan focus Negara
Periode  (Past 12 months) Di sini anda dapat memilih waktu, seperti 2004 sampai sekarang, 5 tahun yang lalu, 30 hari yang lalu, sehari yang lalu, 4 jam yang lalu, satu jam yang lalu.
Kategori
Pada kategori ini anda dapat memilih kategori seperti Art&Emtertainment, Autos & Vehicles, Beauty & Fitness, Book & Literature, Business & Industrial, Computer & Electronics, Finance, Food & Drinks, Games, Health, Hobbies & Leisure, Home & Garden , Internet & Telecom, Jobs &Education, Law & Government, News, Online Communities, People & Society, Pets & Animals, Real Estate, Reference, Science, Shopping, Sport, Travel.
Google Pencarian Topik (Web Search)
Pencarian ini mencakup gambar, berita, produk dan You Tube
  

Google+


Sosial media milik google ini punya peran penting bagi blogger. Posingan yang tertaut dengan G+ akan mendapat posisi lumayan baik dimata mesin pencari google. Apalagi jika jumlah ++ didalam postingannya semakin banyak, maka google akan mempertimbangkan untuk muncul dihalaman depan mesin pencari. Jadi buatlah postingan yang banyak tershare di google+

Beberapa manfaat dari google+

Google+ berkembang pesat. Menurut Google, Google+ adalah website jejaring social yang bertumbuhannya pesat.

Google+ memiliki fasilitas yang melebihi jejaring social yang ada. Dengan satu akun Google+, semua fasilitas google bisa digunakan semisal youtube, Picasa, Adword, Adsense berbicara live video dan lain sebagainya.

Google+ cepat tampil di hasil pencarian google. Informasi yang anda publikasikan di Google+ anda, bisa berpotensi tampil di Google Search. Kadangkala keberadaan website anda kalah dengan kekuatan posting dalam Google+.

Google+ dapat meningkatkan keberadaan website di Google Search. Pasang tombol +1 di setiap halaman website anda agar mendapat klaim social dari pengguna pengguna Google+ lannya. Saat ini Google mempertimbangkan sinyal media social untuk memperkuat rangking website anda.

Google+ mampu menampilkan lokasi usaha dalam Google Search. Ketika punya google+ tipe laman maka alamat dan peta usaha anda akan muncul di hasil pencarian atau di Google Maps. Maka buatlah nama usaha yang sesuai dengan kata kunci produk anda.

Google+ mampu menjadikan anda pemilik konten. Ketika membagikan sebuah informasi dalm posting Google+ maka informasi itu akan tampil di hasil pencarian google dengan gambar profil anda di sampingnya.

Google+ Communities  sebagai tempat berbincang. Seperti sebuah grup maka di dalamnya terdapat interaksi dari sesame pengguna Google+  lainnya. Anda bisa publikasi di sana atau menggunakannyasebagai media mendekati masyarakat pengguna Google+


Google Adsense



Layanan google yang satu ini wajib bagi seorang blogger, apalagi yang memilih menjadi full blogger. Karena dari google Adsense inilah kita bisa meraup keuntungan dari hanya sekedar bermain blog. Tapi tidak semua blogger bisa merasakan layanan google yang satu ini.

Pelajarilah cara untuk mendaftar di Google ADsense agar diterima.

Sebenarnya masih banyak layanan Google yang bisa digunakan untuk menunjang kinerja seorang blogger, namun layanan di atas bisa mewakili dari sekian banyak layanan google.

Tidak ada komentar:
Write komentar