Selasa, 10 April 2018

Membuat Blog dengan Platform Blog Terbaik



Untuk membuat suatu blog, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih platform blog.
Ada banyak platform blog yang tersedia, seperti blogspot dan wordpress.

Berikut akan kami jelaskan tentang platform blog tersebut, semoga dapat membantu anda untuk memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Platform khusus untuk blogging

WordPress.org (self hosted)


Wordpress.org adalah sebuah software blogging atau Content Management System atau biasa disingkat CMS, merupakan platform blogging yang paling popular di dunia. Wordpress diperkirakan menguasai lebih 25 persen dari total keseluruhan web yang dibuat.

Pada Wordpress bekerja sebagai content management system atau sistem pengelolaan konten.
Software yang didapat dari wordPress.org dalam bentuk suatu paket yang dapat didownload. Dan kemudian dapat diunggah / dipasang di server web yang sudah anda kelola. WordPress.org tidak menyediakan system dan domain sehingga anda harus membelinya secara terpisah.

Instalasi dan mengkonfigurasinya dengan benar memerlukan waktu sekitar 20 menit sampai satu jam, jika anda belum pernah melakukan sebelumnya. Tapi pada saat menggunakannya dengan melakukan publikasi posting bisa dengan mudah dilakukan.
Wordpress menyediakan sangat beraneka ragam tema yang bisa dipilih untuk website anda. Selain itu juga banyak took design tema yang menawarkan berbagai macam desain custom sesuai dengan kebutuhan anda. Karna kemungkinan customization Wordpress yang cukup tinggi, ini adalah pilihan tepat untuk membangun blog professional sebagai alat pendukung dalam bisnis anda.

WordPress.org juga menawarkan sangat banyak plugins dan ekstensi di direktori resminya.

Siapakah yang cocok menggunakan platform WordPress.org?

WordPress.org  sangat cocok digunakan oleh Blogger professional, yang memiliki web sebagai ladang bisnis mereka, dengan memperoleh penghasilkan uang dari blog yang dikelolanya.
Pada platform wordpress ini, blogger memiliki control terhadap segala aspek blog mereka.

Keuntungan  menggunakan WordPress.org

  • Platform paling popular di web.
  • Banyaknya Plugin yang tersedia.
  • Komunitas yang besar- Anda akan selalui menemukan seseorang untuk membantu anda menghadapi masalah dengan blog anda.
  • Tidak ada hosting yang disediakan.
  • Sedikit kurva belajar jika anda baru memulai.
  • Menyiapkan situs anda sesuai dengan kebutuhan akan memakan waktu beberapa jam.


 WordPress.com


Platform berikutnya adalah WordPress.com yang dibangund dengan menggunkan software WordPress.
Platform berikutnya adalah WordPress.com yang dibangun dengan menggunkan software WordPress.
WordPress.com adalah versi dari WordPress yang menyertakan hosting. Jadi kita tidak perlu mendownlod dan install sendiri. Kita hanya perlu mendaftar di akun WordPress.com. Dan bisa lansung memulai blogging dalam beberape menit saja.

WordPress.com memiliki tiga plan :

-          $0 – Free plan – cocok untuk blogger pemula.
-          $99 – cocok untuk blogger professional
-          $299 – coccok untuk semua e commerse.

Dengan memulai blogging dengan WordPress.com, anda akan mendapatkan hosting secara otomatis tanpa ada tambahan biaya. Dan menda[atkan sub domain. Alamat blog anda akan terlihat seperti : bloganda.wordpress.com. Jika anda ingin memiliki nama domain sendiri , WordPress.com akan menawarkan dengan biaya tambahan.

WordPress.com jauh lebih mudah digunakan , karna anda tidak perlu lagi ,mengurus hosting, setup situs, konfigurasi dasar) dibandingkan dengan menggunakan WordPress.org.

WordPress.com menyediakan ratusan tema yang dapat dipilih. WordPress.com tidak memberi banyak pilihan design seperti WordPress.org

Plugin dan ektensi fitur popular seperti berbagi, statistic, komentar dan polis disediakan, namun tidak ada pilihan untuk memasang plugin pihak ketiga.

Pengguna yang cocok untuk WordPress.com, adalah yang memiliki hobi blogger, penggunaka yang ingin memulai blog tanpa harus mengeluarkan modal, Blogger professional.
WordPress.com adalah versi sederhana dari WordPress.org.

Plus – minus menggunakan WordPress.com

  • Persiapan dalam beberapa menit
  • Hosting dan subdomain disediakan.
  • Gratis
  • Tidak ada kemungkinan untuk menginstall tema kustom.
  • Tidak ada Plugin



Blogger dan Blogspot


Blogger dan Blogspot


Blogger adalah platform blogging yang tertua, Saat ini dijalankan oleh google. Untuk membuat blog dengan platform blogger anda perlu akun google. Pada blogger anda tidak perlu melakukan banyak setting sehingga anda bisa focus pada posting anda.
Blogger dan Blogspot adalah hal yang terkait  dalam menggunakan platform ini .
Apakah sebenarnya perbedaan antara Blogger dan Blogspot.

Blogger


Blogger adalah suatu platform blogging gratis dari google. Blogger menyediakan tools dan dukungan yang komprehensif untuk mempublikasikan artikel dan halaman web di sebuh domain atau website , oleh karna itu anda tidak perlu bingung tentang penyimpanan konten. Anda juga tidak perlu khawatir dengan design layout website, tema website serta hal hal yang bersifat teknis.
Blogger juga tidak harus digunakan dengan blogspot. Domain yang digunakan bisa dipilih dari tempat laindan kemudian menggunakan blogger sebagai hosting anda.

Blogspot.


Blogspot adalah penyedia layanan domain gratis milik google.
Domain gratis yang disediakan tersebut adalah sebuah sub-domain (webanda.blogspot.com)
Layanan ini disediakan untuk mendukung layanan publikasi Blogger.com, Jika anda mencoba membuka www.blogspot.com, anda akan  diarahkan ke blogger.com Karna google mengerti anda akan membuat blog jadi sebaiknya anda menggunakan layanan publikasi (www.blogger.com). Tapi jika anda menggunakan subdomain.blogspot.com maka akan menampilkan konten situs host anda.
Ini bisa dibilang sebagai taktik pemasaran dari google sehingga orang bisa menggunakan layanan domain dari blogspot dan layanan hosting blogger.com
Maka jika anda memilih blogspot sebagai penyedia domain maka web tersebut harus di host di blogger.com saja dan tidak bisa di host ditempat lain.
Jadi bisa disimpulkan blogspot hanya bisa digunakan dengan blogger dan blogger tidak tergantung pada blogspot.

Dengan menggunakan platform blogger, anda bisa blogging dengan mudah dan sangat cepat. Tidak ada keterampilan khusus yang digunakan untuk memulai blogging dengan blogger.
Siapakah yang cocok menggunakan Blogger? Hobi blogger dan blogger pribadi.

Plus minus menggunakan Blogger dan blogspot.
Anda dapat memulai blog dalam waktu kurang dari satu menit.
Interface yang sederhana untuk pembuatan konten
Hosting dan domain disediakan
Kustomisasi yang terbatas.


Squarespace


Squarespace adalah pembuat situs web yang mudah digunakan dan layanan hosting situs web.

Squarepace adalah salah satu solusi untuk membangun website all in one terbaik. Anda bisa menggunakannya untuk membuat blog, situs bisnis, took e-commerse dan masih banyak lagi

SquareSpace memiliki beberapa pilihan langganan mulai dari $8 - $24 per bulannya, sudah termasuk hosting dan domain anda sendiri.
Squarespace sangat mudah digunakan, meski pertama kalinya anda membangun sebuah situs web atau blog. Square space memiliki interface yang jelas. Untuk penerbitan konten baru juga sangat sederhana, memungkinkan anda mengatur konten blog anda melalui drag and drop.

Banyak pilihan design yang hebat dan modern yang bisa anda pilih untuk web anda. Squarespace selalu mengikuti trend dan design yang popular.

Berbagai fitur yang paling penting sudah termasuk dari awal, selain itu masih ada plug in eksternal yang tersedia melalui situs lain.

Platform Squarespace sesuai untuk :
  • Pemilik bisnis yang membutuhkan situs web yang hebat dan mudah dioptimalkan.
  • Seniman, musisi, fotografer yang ingin blog dan juga memamerkan karya mereka dengan cara yang efektif.
  • Yang menjalankan blog perusahaan.
  • Pengguna tanpa keterampilan desain yang ingin membangun blog dari awal sendiri.


Namun jika yang dibutuhkan hanyalah sebuah blog tanpa barang tambahan, bisa menggunakan platform lain yang sudah dijelaskan di atas.

Kelebihan dan kekurangan dari Squarespace

  • Kemampuan customization yang bagus dan interface yang mudah digunakan.
  • Dilengkapi dengan hosting dan domain .
  • Tidak ada keterampilan design atau pengembangan yang dibutuhkan.
  • Biaya bisa menjadi mahal dari waktu ke waktu ketika kita menambahkan biaya langganan bulanan.















Tidak ada komentar:
Write komentar