Rabu, 11 April 2018

Apa itu Link Dofollow dan Nofollow


Apa itu link Nofollow dan Dofollow, pengertian dan perbedaannya.




Link adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam sebuah konten blog / website.
Tetapi anda harus memperhatikan dampak baik atau buruk dari link tersebut. Sebuah link bisa menaikkan peringkat sebuah blog / website , juga bisa menurunkan peringkat blog / website tersebut.

Terkait dari aturan google  tentang format link, dimana link terdiri dari dua jenis yaitu link dofollow dan nofollow, anda harus dapat membedakan antara link dofollow dan nofollow.

Dalam upaya menyusun peringkat sebuah website di hasil pencarian , google bot akan melakukan penelusuran konten dengan melakukan perayapan, sampai pada suatu link / tautan , link tersebut akan memberitahukan pada bot untuk menelusurinya atau tidak dan menganggapnya  sebagai text biasa.

Pengertian Link Dofollow dan Link Nofollow.




Link Dofollow


Jika melihat dari asal katanya dofollow terdiri dari kata do dan follow yang artinya mengikuti.
Jika ada link yang terdapat pada suatu blog dan mengarah ke blog lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan itu.
Dofollow boleh dirayapi atau dicrawling oleh robot bot
Untuk link yang dofollow ini  artinya boleh dirayapi atau dicrawling oleh robot bot, sehingga menyebabkan google bot merayapi link tersebut sampai ke akarnya.
Kapan anda harus memberikan link doFollow  tersebut?
Sebuah link berkualitas hendaklah memiliki sumber yang relevan dan dapat dipercaya. Melalui link, anda menunjukkan bahwa konten yang dibuat tersebut ada dasarnya mengarah ke suatu sumber, bisa itu halaman lain website anda ataupun mengarah ke website orang lain.
Jika membuat link yang relevan dengan konten adalah sumber yang dapat dipercaya dengan arti kata mempunyai peringkat di deretan atas pencarian, penggunaan link dofollow kepada website yang dipercaya akan menambah kualitas konten yang anda miliki,  hal itu disebabkan bahwa konten anda memiliki dasar yang kuat dan itu bisa dilacak oleh google bot.

Link Nofollow


Kata no follow terdiri dari kata no dan follow yang artinya tidak mengikuti.
 Jika link yang ada di artikel dipasang secara nofollow , maka jika google melakukan perayapan, maka google tidak akan mengindex link tersebut sampai ke akarnya.
Tapi untuk mengunjung blog yang mengklik link ini akan tetap di arahkan menuju ke blog tujuan
Kapan menggunakan Link nofollow
Jika anda ingin membuat sebuah link yang penting buat anda atau pengunjung blog anda misalkan iklan, atauanda ingin  membuat link ke sumber relevan tapi belum mendapat pengajuan dari google. Maka sebaiknya anda menetapkan  bahwa link tersebut adalah link nofollow, karna akan bermasalah jika anda membuat link tersebut sebagai link dofollow. Google bot bisa menganggap bahwa link konten anda tidak dipercaya bahkan tidak ada hubungannya sama sekali.
Tautan rel nofollow akan memberitahu mesin pencari agar link tersebut diabaikan dan dianggap sebagai text biasa.
Link no follow ini cocok untuk diberikan kepada situs affiliate yang ditempatkan di dalam postingan.
Karna terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan dianggap spam oleh google sehingga akan dianggap spam oleh google. Sehingga akan mengurangi posisi blog dimesin pencari.
Bagaimana untuk membuat link yang no follow dan do follow pada blogspot cukup mudah.
Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add  ‘rel=nofollow’ ,  seperti contoh gambar di bawah ini


Penerapan link dofollow dan nofollow sebenarnya adalah ilmu SEO yang paling dasar, yang tidak banyak diterapkan oleh blogger. Jika memberikan link kepada situs yang belum jelas kedudukannya lebih baik dalam bentuk link nofollow.


Tidak ada komentar:
Write komentar