Minggu, 08 April 2018

Membuat website gratis dengan wordpress.com


Untuk membuat webite / blog gratis, dengan nama menggunakan nama domain dan hosting gratis dari WordPress, berikut langkah langkah yang bisa kita lakukan :
Kunjungi alamat website www.WordPress.com.





Ketikkan nama website anda

Klik tombol “Buat Situs Web”.

Nama blog ini hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja, jika Anda sudah memasukkan nama blog tetapi sistem WordPress menolaknya, disebabkan  sudah ada pengguna yang menggunakan nama blog tersebut

Isi kolom-kolom tersebut menggunakan informasi yang benar. Nantinya informasi seperti email, nama pengguna (username), dan password, akan selalu Anda gunakan ketika hendak masuk ke halaman panel kontrol blog WordPress milik Anda.




Alamat Surel (Email), pastikan Anda menggunakan alamat email yang aktif, dan sering Anda buka. Karena WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan melalui email tersebut. Jika Anda belum punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu. Bisa di Yahoo, Google, atau yang lain.


Nama Pengguna (Username), pilih nama pengguna yang Anda sukai. Mohon untuk diingat baik-baik, jangan sampai lupa, karena nama pengguna ini sifatnya eksklusif dan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Jika username pilihan Anda ditolak, cari nama lain hingga diterima.

Kata Sandi atau password, buatlah kata yang sedikit unik, yang kira-kira Anda selalu ingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Jika nama blog yang Anda masukkan tadi tersedia dan bisa diterima oleh WordPress, maka pada kolom Alamat Blog ini akan tertera nama blog pilihan Anda dengan ditandai tanda centang berwarna hijau. Namun jika nama pilihan Anda sudah dipakai oleh pengguna lain, maka akan muncul tanda centang berwarna merah.

Jika pengisian informasi pada kolom-kolom di atas sudah selesai, scroll ke bawah mouse pointer Anda, sehingga di tampilan layar laptop / PC Anda terlihat tabel seperti berikut.





Klik tombol “Buat Blog” yang saya tandai dengan panah merah, karena kita akan membuat versi blog WordPress yang gratisan. dan WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang baru saja Anda daftarkan.


Tahap selanjutnya  melakukan penyesuaian terhadap blog yang hendak Anda pakai. Ada beberapa langkah lagi yang bisa Anda ikuti, silahakan klik pada gambar:

      Atur Blog anda 



      Pilih Tema Blog 



         Sesuaikan tema yang dipilih




         Hubungkan dengan social media 




Verifikasikan alamat Email anda,
Buka email yang tadi anda gunakan untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email anda. Jika anda tidak menemukan email dari WordPress, coba cari di folder spam atau bulk email.
Anda harus membuka email dan melakukan konfirmasi bahwa Anda telah mendaftar di WordPress.com.





Demikian website / blog anda sudah bisa digunakan 


Tidak ada komentar:
Write komentar