Selasa, 20 Maret 2018

Mengenal C-Panel sebagai media kelola website anda


Untuk mengelola website dan mengupload file file ke hosting website, kita memerlukan C-Panel untuk melakukannya. Melalui postingan ini akan dibahas tentang pengertian C-Panel, cara login ke cPanel dan melihat fitur yang tersedia di cPanel.


Pengertian cPanel

cPanel adalah sebuah software ‘control panel’ untuk mengelola web hosting. cPanel dalam ‘website’ dimana kita akan melakukan banyak hal terkait pengelolaan web hosting dan web domain. Saat ini cPanel digunakan oleh sebagian besar situs web hosting.

Cara Login ke cPanel

Untuk login ke cPanel, kita harus mengunjungi alamat tertentu. Alamat ini bersifat rahasia dan diinformasikan di dalam email dari pihak web hosting. Biasanya cPanel bisa diakses dengan menambahkan “/cpanel” ke nama domain, seperti www.websiteku /cpanel.

Beberapa web hosting  tidak menggunakan nama domain untuk alamat cPanel, tapi hanya berupa IP address.
Untuk dapat masuk ke cPanel, kita harus menggunakan userid dan password yang diberikan oleh pihak web hosting. Kedua informasi ini biasanya ada di email pemberitahuan sewaktu menyewa web hosting

Berikut adalah tampilan halaman login cPanel:






Sekilas Fitur cPanel

Di dalam cPanel terdapat banyak menu yang bisa digunakan untuk mengatur berbagai fungsi web hosting seperti upload file, membuat database, menambahkan domain, dll.
Setiap item dan menu di dalam cPabel dikelompokkan ke dalam masing-masing kategori seperti Mail, Files, Logs, Security, Domains, dll.. Kita hanya perlu menggunakan beberapa menu saja.
Setiap kategori ini bisa di drag-and-drop, sehingga kita bisa meletakkan kategori yang sering diakses di bagian paling atas cPanel.






Disisi kanan tampilan cPanel terdapat tabel Stats yang berisi informasi mengenai kapasitas yang telah terpakai, seperti ukuran harddisk, memory dan pemrosesan CPU web server. Klik link Expand Status untuk memperbesar informasi yang ditampilkan.


Mengganti Password cPanel

Beberapa webhosting akan memberikan password awal cPanel yang terdiri dari kata acak yang sudah diingat. Password tersebut bisa diubah.

Yaitu dengan cara Pilih menu Change Password pada kategori Preference, akan tampil jendela baru tempat untuk menginput password lama dan password baru.

Setelah memasukkan password baru klik tombol Change Password cPanel.

Tidak ada komentar:
Write komentar