Minggu, 08 April 2018

Membuat website dengan WordPress


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ada dua versi  wordpress , yaitu WordPress.org dan WordPress.com

Pada tutorial ini kita akan pembahas tentang pembuatan website menggunakan file WordPress yang bisa di download dari  website www.WordPress.org.

Kita bisa mendesign Website secara offline dengan menggunakan  komputer  kita
Untuk bisa mengakses wordpress di computer local, Selain file WordPress yang kita perlukan adalah adalah aplikasi web server +PHP+MySOL seperti XAMPP .

Untuk mendownload  file WordPress  bisa mengunjungi www.wordpress.org.





Terdapat tombol download WordPress di kanan atas, silahkan anda klik tombol tersebut,

Kemudian anda akan dibawa ke halaman  https://wordpress.org/download/, Pada halaman tersebut ,  ada tombol Download WordPress 4.9.4, silahkan diklik/ Kemudan web browser akan mendownload file wordpress  WordPress 4.9.4.zip . Save file tersebut di komputer anda.





File WordPress4.9.4.zip ini adalah kumpulan dari ratusan halaman PHP dalam bentuk zip.

Untuk dapat menggunakannya, kita menempatkan file ini ke dalam web server yang mendukung PHP dan MySQL. Jika anda mengunakan web hosting, aplikasi ini sudah lansung tersedia. Akan tetapi karena kita ingin menjalankan di computer local secara offline kita menggunakan aplikasi khusus seperti XAMPP atau WAMP.

Untuk dapat menjalankan WordPress di computer local, kita harus menginstall aplikasi web server yang mendukung PHP serta aplikasi database MySQL. Ada beberapa aplikasi yang membundel ketiga program tersebut , salah satunya adalah XAMPP.

Aplikasi XAMPP

Aplikasi XAMPP adalah aplikasi yang membundl banyak aplikasi lain yang dibutuhkan dalam pengembangan web. Nama XAMPP merupakan singkatan aplikasi utama yang ada di dalamnya: XLhuruf X : cross platform, dimana aplikasi XAMPP tersedia untuk banyak sistem operasi, A(Apache web server, M(MySQL), P (PHP), dan P (Perl). Selain aplikasi tersebut XAMPP juga menyertakan modul lain seperti Open SSL dan phpMyadmin.

Aplikasi XAMPP ini bisa didownload di website resmi XAMPP
https://www.apachefriends.org

Memindahkan file instalasi WordPress ke htdocs XAMPP

Agar dapat diakses secara local, file WordPress yang telah kita download sebelumnya, harus dipindahkan ke dalam folder khusus XAMPP htdocs.

File yang kita download di website WordPressmasih dlam bentuk zip, maka file tersebut diekstrak terlebih dahulu dan ditempatkan di folder khusus XAMPP htdocs agar bisa diakses.  Folder htdocs adalah folder khusus di XAMPP untuk menampung seluruh file HTML, CSS, Java Script dan juga PHP agar bisa diakses melalui web browser.


Pindahkan folder wordpress ke dalam folder htdocs ini.





Setelah aplikasi XAMP terinstall dan  file wordpress sudah di download, langkah selanjutnya membuat database MySQL untuk digunakan pada website WordPress offline.

Anda bisa membuat database yang akan digunakan untuk website wordpress anda.
Dalam contoh ini saya menggunakan database dengan nama wordpress.

Buat anda ingin mengetahu cara membuat database wordpress, bisa klik link dibawah ini :

Cara Membuat Database MySQL dengan Phpmyadmin

Menjalankan wordpress di localhost :

Pastikan XAMPP sudah dijalankan.
Pada web browser buka alamat localhost/wordpress.
Halaman awal proses  instalasi wordpress akan tampil di web.
Pada halaman pertama, kita bisa memilih bahasa instalasi yang diinginkan.
Silahkan pilih bahasa yang anda suka. kemudian klik continue untuk melanjutkan.





Pada halaman ini , wordpress memberitahukan tentang daftar informasi yang berhubungan denngan database, yaitu  nama database, username, database, password database, database host dan table prefik.  Kemudian klik Let’s go untuk melanjutkannya.







Pada halaman ini kita diminta untuk mengisi Informasi tentang database yang kita gunakan.

Database Name :  , ketikkan nama database yang sudah dibuat, dalam hal ini kita sudah membuat database dengan nama wordpress.

User Name : , ketikkan root. Username ini adalah username dari server MySQL. Ketika menginstall XAMPP secara otomatis akan dibuatkan 1 user MySQL : root. User ini berasal dari MySQL . User ini bisa melakukan hak akses apa saja.

Password : kosongkan , password yang diminta dalah password dari MySql  yang akan digunakan untuk mengakses database. Pada saat instalasi XAMPP user root otomatis dibuat tanpa password.

Database Host : Localhost, lokasi dimana database berada, karna kita menjalankan webserver didalam komputer yang sama, maka  nama database host adalah local host .

Tabel Prefix : wp ; adalah beberapa karakter unik yang akan ditambahkan pada setiap table dalam database MySQL. Tabel prefix akan berguna jika kita ingin menginstall 2 atau lebih wordpress tetapi tetap ingin menggunakan 1 database saja. Hal ini biasanya diperlukan jika webhosting membatasi hanya membuat 1 database saja.

Setelah form selesai diisi, klik tombol submit :




Jika tidak ada masalah sehubungan dengan database, akan tampil jendela untuk konfirmasi bahwa wordpress berhasil mengakses database berdasarkan inputan kita sebelumnya.
Klik tombol Run to install untuk memulai proses pembuatan table wordpress.



Setelah wordpress selesai membuat table di dalam database MySQL. Langkah  selanjutnya adalah menginput setingan terkait situs wordpress.
Data yang harus diisi di dalam form :

Site Title :    adalah Judul dari website yang akan dibuat
Username :  adalah user name dari administrator website wordpress.
Password : adalah password untuk username di atas.
Your email : alamat email yang akan digunakan untuk hal hal darurat, seperti lupa password, pemberitahuan penting, dan lain lain.
Privacy : Allow search engine to index this file. Pilihan privacy ini sepenuhnya digunakan untuk website live, menghapus pilihan ini akan membuat website tidak tampil di dalam pencarian mesin pencarian. Walaupun pada umumnya setiap pemilik web ingin situsnya tampil di google, untuk beberapa website khusus khusus yang bersifat pribadi/rahasia, anda boleh menghapus pilihan ini.
Setelah semua data sudah diisi, akhiri dengan klik tombol install WordPress.





Apabila seluruh proses sudah selesai dilakukan, dan tidak terdapat masalah, maka akan tampil pemberitahuan bahwa WordPress sudah sukses diinstall.





Untuk menguji wordpress secara offline , silahkan menekan tombol login.
Jendela Log in yang tampil akan digunakan nanti setiap masuk ke halaman wordpress.
Silahkan masukkan username dan password, kemudian klik log in.
Selamat, anda bisa menginstall wordpress secara offline menggunakan XAMPP




Anda bisa mengunjungi alamat http://localhost/wordpress untuk melihat tampilan website wordpress.
Ikutilah tutorial selanjutnya tentang pemakaian  wordpress lanjutan








Tidak ada komentar:
Write komentar