Minggu, 08 April 2018

Optimasi website dengan off Page SEO


Mengoptimasi website dari dalam website sendiri (on page SEO) seringkali tidak cukup untuk mendapatkan peringkat yang tinggi. Oleh karena itu kita perlu melakukan optimai  website dari halaman luar yang disebut juga dengan SEO off page.

Kegiatan ini bisa dibilang tidak mudah, karna sebelum berlanjut pada teknik SEO off page kita harus  terlebih dahulu melakukan teknik SEO on page. Karna keduanya saling berkaitan dan bersifat sistematis
Jadi dengan melakukan optimasi SEO offpage adalah proses optimasi dari luar halaman website yang akan mempengaruhi peringkat website.

Ada dua proses yang dilakukan dalam melakukan optimasi SEO off page, yaitu dengan  membangun backlink dan promosi.
Mesin pencari akan menghitung jumlah dan kualitas backlink  sebuah website kemudian menentukan peringkat website tersebut.

Jadi untuk meningkatkan posisi website, kita harus memunyai backlink sebanyak banyaknya, tapi yang penting bukan hanya kuantitas dari backlink saja yang mempengaruhi, kualitas baklink juga tidak kalah menentukan.  Berdasarkan sumber pakar SEO website, satu backlink relevan yang mempunyai otoritas tinggi akan memberikan nilai besar terhadap webite dibandingkan dengan ratusan bahkan ribuan backlink spam.

Backlink ada beberapa macam, seperti website social bookmarking (goggle bookmark, dig), media social (youtube, facebook, twitter, google+0 komentar di blog (blog commenting atau blog walking), blogspot, blogdetik, weebly, wordpress) dan masih banyak lagi.

Manfaat Optimasi SEO off page :

Berikut adalah maanfat dari optimasi SEO off page bila dilakukan dengan benar :

Menaikkan ranking website di mesin pencari

Mesin paencari akan memberikan nilai lebih pada website yang menerapkan optimasi SEO off page dengan benar, sehingga bisa menempatkannya pada posisi tertinggi.

Mampu meningkatkan traffic penunjung

Ketika suatu website sudah berada pada posisi teratas mesin pencari , kunjunganpun akan semakin banyak. Karna semua orang yang mencari keyword akan selalu mengklik posisi teratas, karna pengunjung berkeyakinan bahwa posisi teratas merupakan website yang terbaik.

Menambah sumber lalu lintas pengunjung

Dengan menanamkan suatu backlink melalui berbagai sumber, maka lalu lintas menuju website didapakan dari berbagai sumber, bukan hanya dari mesin pencari saja.

Meningkatkan popularitas webite atau blog

Dengan menempati posisi teratas, maka akan banyak mendatangkan pengunjung, bahakan untuk sekedar melihat lihat, ada kemungkinan mereka akan singgah kembali karna sudah hafal dngan website tersebut, sehingga tingkat popularitasnya juga akan naik secara cepat.

Memperkuat otoritas web

Mesin pencari akan selalu memilih atau mempertahankan rangking website agar berada pada posisi teratas. Website tersebut bisa menjadi acuan atau referensi di bidangnya bagi pengguna internet.

Mudah memasarkan suatu produk

Bila merupakan bisnis online, jika sudah berada pada posisi teratas dalam mesin pencari, maka penjualan produk akan semakin besar karna kunjungan dari waktu e waktu akan selalu meningkat.

Meningkatkan revenue pendapatan
Website dengan posisi teratas mein pencari, bisa lansung mendapatkan income pasif. Misalnya dengan memberikan penyewaan iklan mandiri, atau mengikuti kerjasama periklanan, bisa didapatkan ketika pengunjung mengklik iklannya.


Cara membangun backlink yang berkualitas :

Membuat konten berkualitas

Konten akan memancing backlink dating, konten berkualitas akan memancing orang untuk memberikan backlink secara cma Cuma, hal ini akan dipandang baik oleh mesin pencari google, karna backlink yang didapatkan secara natural. Jadi inti dari optimasi off page SEO adalah menyediakan konten yang berkualitas.

Sosial media marketing

Sosial media juga pilihan terbaik dalam mempromosikan konten untuk memncing backlink dating. Sosial media merupakan tempat untuk memperkenalkan isi konten ke orang banyak.
Dan jika orang mengetahui bahwa konten anda berkualitas, kemungkinan  mereka juga  mau share konten tersebut kepada orang lain.

 Kesalahan dalam membangun backlink


Ada beberapa orang yang ingin menaikkan peringkat website nya tapi tidak mau membuat konten yang berkualitas atau melakukan pemasaran , sebaiknya malah melakukan link building yang bisa  memilki resiko  terkena hukuman dari google.
Ada beberapa bentuk backlink yang tidak disukai oleh mein pencari karena sering disalahgunakan, seperti sersebut di bawah ini :

Menggunakan jasa backlink
Cara ini sudah tidak relevan lagi. Backlink yang didapat dari menyedia jasa backlink kebanyakan tidak relevan dengan konten dari website yang kita bangun. Ini penyebab bahwa backlink jenis ini buruk. Dan bisa menyebabkan terkena google penalty.

Meninggalkan link di komentar

Link yang didapat dari dari komentar biasanya nofollow, berarti link ini tidak mempunyai pengaruh terhadap website. Link ini biasa dianggap spam oleh google.

Bertukar link

Cara bertukar link bukan lagi cara yang bisa mendapatkan backlink yang baik.

Private blog network

Satu orang bisa mempunyai banyak blog, jika tujuannya untuk memberikan link kepada blog utama, hati hati dengan cara seperti ini, akan bisa mendapatkan hukuman dari google.

Menggunakan software bot.

Ada beberapa software / tool yang bisa digunakan untuk mendapatkan linksecara otomatis, tetapi link yang didapatkan akan berkualitas rendah dan bisa merusak website.

Spam
Teknik spamming ini tdak akn memberi manfaat apapun bagi optimasi website anda.

Jenis jenis backlink yang berkualitas


Relevan


Backlink yang didapat dari topic atau niche yang relevan terlihat lebih natural di search engine

Trafik yang tinggi


Backlink yang didapat dari website yang mempunyai trafik yang tinggi, sudah pasti akan mendapatkan klik yang tinggi

Contextual link


Link yang berasal dari dlam konten, link yang didapat dari konten ini biasanya relevan dengan topic dari kontennya.

Dofollow atribut


Jenis link ini dihitung oleh google sebagai vote untuk website anda dan dihitung sebagai backlink yang berkualitas.

Height PR


Backlink yang berasal dari website dengan pagerank tinggi akan membuat kualitas backlink akan semakin tinggi.



Tidak ada komentar:
Write komentar