Sabtu, 17 Maret 2018

Pengenalan SEO untuk Pemula


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Adalah suatu kegiatan untuk memenuhi standard kualitas dari mesin pencari.

Tujuan kita untuk mempelajari SEO adalah agar web kita memenuhi standard dari mesin mencari, dan halaman web kita meraih tempat teratas di mesin pencari itu, dan mampu bersaing dengan   web lainnya pada suatu kata kunci tertentu.

Google adalah mesin pencari / search engine paling popular saat ini. Apa yang diketikkan oleh pengguna pada mesin pencari itu merupakan kata kunci untuk menampilkan informasi yang diperlukan.

Setelah mengetikkan kata kunci google akan menampilkan hasil pencarian tersebut.

Dengan melakukan SEO kita bisa masuk ke mesin pencari google, dan mendatangkan trafik ke web kita.



Untuk mendapatkan trafik dari google bukanlah suatu hal yang mudah, karna web yang menyediakan informasi yang serupa bisa mencapai jutaan, sedangkan google hanya menampilkan beberapa tempat pada halaman pertamanya.

Jadi kalau kita sudah membuat banyak blog belum tentu mendapatkan trafik dari google, dan blog kita pun sepipengunjung.



Mesin pencari Google.



Mesin pencari google, adalah mesin pencari yang paling popular saat ini. Yang paling banyak digunakan oleh pemakai internet. Google memiliki algoritma yang paling berkembang saat ini, sehingga mampu memberikan hasil yang lebih relevan, sedangkan search engine yang lain masih banyak menerapkan factor usia halaman sehingga halaman halaman yang baru sulit mendapatkan peringkat di dalam hasil pencarian.



Bagaimana prinsip kerja dari mesin pencari?



Suatu mesin pencari bekerja melalui 3 tahapan, yaitu :



1.       Perayapan

2.       Mengindekkan

3.       Menyajikan hasil pencarian



Untuk perayapan dan pengindekan mesin pencari mengandalkan apa yang disebut robot, sedangkan untuk menyajikan hasil pencarian, mereka menggunakan serangkaian algoritma untuk melakukakannya.

Pengertian tentang Robot dan search engine dijelaskan dibawah ini.



Apa yang dimaksud  Robot Search Engine?

Robot search engine adalah program yang dibuat untuk membuka halaman web, merayapi semua isi halaman web tersebut, mengambil data, membuka semua link pada halaman web tersebut, kemudian mengulani semua proses ini pada halaman web yang dibuka melalui link tadi.

Pada prinsipnya semua robot engine mempunyai prinsip yang sama dalam melakukan tugasnya, membuka halaman web, membacanya dan mengklik link link pada halaman itu untuk kemudian membaca halaman halaman yang ada di link tadi.

Google sebagai raksasa mesin mesin pencari, menggunakan googlebot yang merupakan sekumpulan besar komputer yang meelakukaknnya dengan kecepatan super.

Dalam melakukan perayapan Googlebot mengunjungi  semua halaman web yang bisa dikunjungi , tujuannya untuk mengumpulkan data data halaman tersebut ke system index google. Kemudian disajikan ke pengunjung.



Untuk memastikan halaman web anda masuk dalam daftar pencarian google maka halaman tersebut harus masuk ke dalam index. Dan untuk masuk halaman google anda harus memastikan halaman anda bisa dirayapi oleh google.

Cara terbaik itu adalah mempunyai banyak link dari halaman halaman yang sudah terindex yang memuat link link halaman web kita, yang disebut juga backlink.

Terlebih dahulu dapat memastikan halaman web kita bisa dirayapi, karna jika halaman web kita sudah dirayapi percuma saja anda mempunyai banyak link.

Anda bisa menggunakan fitur google webmaster tool yaitu Fetch As Google.

Sebelum melakukan fetch tentunya website harus terhubung dengan webmaster tools dari google.

Web dengan menggunakan blogspot sudah terhubung terhubung otomatis dengan webmaster tool dari google.

Yang perlu melaporkan websitenya ke google webmaster tool adalah yang mempunyai website diluar produk google.



Mendaftar webmaster tools

Proses penting lainnya dalam belajar SEO adalah mengetahui cara mendaftar di webmaster tools. Kenapa itu penting? Karna tool ini menyediakan banyak informasi tentang bagaimana Google melihat web anda.  Google webmaster tools hamper selalu dilibatkan dalam penyelesaian masalah jika website kita mengalami penurunan di hasil pencarian Google.

Untuk melakukan pendaftaran anda cukup melakukan login ke akun Google anda.

Setelah melakukan login, kunjungilah url https://www.google.com/webmasters/tools/

Klik tombol “ADD A PROPERTY”

Akan muncul pop up menu, masukkan url anda.

Akan muncul metode verifikasi lengkap dengan panduannya.



 Anda harus memahami SEO sebagai proses yang utuh. Ada banyak factor yang mendorong halaman web menjadi ranking 1 di mesin pencari Google, dan satu factor saling mendukung satu sama lainnya. Tidak ada satupun konsep yang paten dalam strategi SEO.  Satu kekurangan dalam suatu factor bisa ditutupi oleh factor lainnya.



Berikut  diuraikan beberapa factor yang perlu dipelajari dalam meningkatkan pengunjung web anda.



Startegi Konten



Pada saat algoritma Panda dan Penguin dikeluarkan google, banyak srategi yang sebelumnya popular menjadi tidak berguna lagi. Algoritma algoritma dari google ini banyak memaksa pelaku SEO untuk menyusun ulang rencana optimasinya.

Tahap awal dari strategi konten adalah anda harus tahu apa yang diinginkan oleh pasar anda dan apa saja yang bisa dipenuhi dari permintaan pasar> Pelajarilah apa yang namanya riset kata kunci. Riset kata kunci banyak diabaikan oleh mereka yang baru belajar SEO, jangan sampai terjebak untuk mencari kata kunci yang tidak ada gunanya. Lakukanlah riset kata kunci dan kumpulkan beberapa kata kunci yang baik.

Langkah selanjutnya adalah membuat konten yang sukai oleh pengunjung, dan membuat pengunjung anda membeli produk atau membaca artikel lainnya.



Tujuannya adalah pengunjung website menjadi banyak, sebagian dari mereka adalah yang pernah berkunjung kembali lagi, karna menyukai konten dan layanan anda.



Stategi memperoleh  Backlink



Ini adalah strategi mendapatkan banyak link dari website lain menuju wesite anda. Mendapatkan backlink itu tidak mudah.

Kesulitan mendapatkan backlink dimulai dari pernyataan Google yang memberi pemahaman bahwa link keluar yang difollow akan mengurangi poin dari halaman sebuah website. Jika sudah dikatakan seperti itu, maka tidak ada yang mau memberikan link keluar untuk siapapun, karna akan merugikan halaman web itu sendiri.

Pada akhirnya Google merilis bahwa website yang memberikan link keluar yang relevan akan mendapatkan poin tambahan karena menyediakan referensi yang relevan untuk pembaca mereka. Bahkan link keluar yang relevan dihitung sebagai web yang tidak spammy.

Ada 3 faktor yang perlu dipahami saat memberikan link keluar agar itu menguntungkan SEO website kita .

1.       Harus menuju website yang relevan dengan website kita

2.       Tidak boleh reciprocal link, dimana pada halaman web yang dituju terdapat Link anda, nanti bianggap seperti tukaran link.

3.       Jangan terlalu banyak link keluar, 1 atau 2 link saja sudah cukup. Jika terlalu banyak link dan tidak berimbang dengan panjang konten anda, maka pertambahan poin akan tidak berimbang dengan poin yang keluar.

Untuk mengetahui website website yang dianggap relevan , maka anda bisa googling dengan memakai operator related.



Contoh  Ketikkan di Google  related:https://www.(namawebsiteanda).com  untuk menemukan website yang relevan dengan nama website anda.



Media Sosial

Banyak pelaku SEO yang tidak paham apa pengaruh dari social media pada strategi SEO. Sebenarnya social media itu digunakan untuk menjaga hubungan dengan mereka yang datang ke website anda.

Anda mengajak pengunjung website anda untuk memberi like pada fanpage anda.

Jadi nantinyakalau anda mempunyai postingan baru atau produk baru anda bisa mengundang mereka untuk kembali dan membaca tulisan terbaru dari anda.

Jadi semakin lam trafik anda semakin ramai, karna berasal dari pengunjung pengunjung lama anda, trafik bukan hanya berasal dari mesin pencari saja.

Jadi saying sekali anda melakukan blogging tapi tidak mengajak orang untuk memberi like pada akun social media anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar