Selasa, 06 Maret 2018

Konstanta Dalam PHP




Konstanta (constant) adalah suatu lokasi penyimpanan (dalam memory) yang berisikan nilai yang sifatnya tetap dan tidak bisa diubah sepanjang program berjalan (Wikipedia).
Penamaan konstanta
Diawali dengan huruf atau underscore untuk karakter pertama, kemudian boleh diikuti dengan huruf underscore atau angka untuk karakter kedua dan selanjutnya.
Bersifat Case Sensitif
Seperti halnya dengan variable, Konstanta berifat case sensitif, jadi NAMA, Nama dan Nama dianggap sebagai  tiga konstanta yang berbeda.
Namun para programmer PHP menganjurkan menggunakan huruf capital semua dalam penulisan konstanta, sehingga lebih mudah membedakan konstanta dan variable.
Konstantaa hanya dapat berisi tipe data tertentu

Kostanta dalam PHP hanya dapat berisi tipe data sederhana (diebut juga jenis scalar), yakni : Boolean, integer, float dan string. Hal ini berbeda dengan variable yng dapat juga berisi tipe data turunan seperti array, object atau resource.

Cara Pendefinisian
Cara mendefenisikan konstanta ada dua macam dalam PHP, yaitu :
1.       Menggunakan fungsi  const
Pendefinisian konstanta menggunakan keyword const hanya dapat digunakan pada top level scope yakni harus dalam lingkungan global PHP. Sehingga kita tidak bisa menggunakan const di dalam function, loop atau kondisi if.
<?php
Const  nama=”Agus:;
Echo nama; // Agus

2.       Menggunakan fungsi define()
Jika ingin mendefenisikan konstanta menggunakan define() maka membutuhkan dua nilai yaitu konstanta dan nilainya.
<?php
define (“nama”,”Agus”);
echo nama;  //Agus
?>

Predefined Constans
PHP sendiri  juga membawa  konstanta bawaan atau predefined Constants atau reserved constant artinya terdapat konstanta bawaan yang tidak boleh didefiniskan
PHP_VERSION, PHP_MAJOR_VERSION, PHP_MINOR_VERSION, PHP_RELEASE_VERSION, PHP_VERSION_ID, PHP_EXTRA_VERSION, PHP_ZTS, PHP_DEBUG, PHP_MAXPATHLEN, PHP_OS, PHP_OS_FAMILY, PHP_SAPI, PHP_EOL, PHP_INT_MAX, PHP_INT_MIN, PHP_INT_SIZE, PHP_FLOAT_DIG, PHP_FLOAT_EPSILON, PHP_FLOAT_MIN, PHP_FLOAT_MAX, DEFAULT_INCLUDE_PATH, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:
Write komentar