Sabtu, 17 Maret 2018

Memulai bisnis online tanpa modal.


Ada banyak alasan untuk memulai bisnis internet, karna tertarik untuk menekuninya, ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau ingin menjadikan internet sebagai sumber penghasilan utama.

Tak jarang ditemui contoh,  ada orang  yang sudah mempunyai pekerjaan mapan beralih menekuni bisnis internet karna ketertarikannya pada bisnis ini. 

Memulai bisnis internet ada beberapa kemudahan yang ditawarkan, salah satunya kita tidak perlu mengikuti seleksi  ketat seperti ketika kita mengikuti seleksi penerimaan pegawai.

Siapa saja yang ingin menekuni bisnis internet , bisa lansung segera memulainya. Bekerja secara mandiri dengan memanfaat kan fasilitas yang ada. Laptop/smartphone dan koneksi internet dimana pada masa sekarang ini sudah sangat umum dijumpai.

Bisnis ini juga bisa dilakukan di rumah, waktu yang fleksibel, tanpa harus membuang banyak waktu di jalan, seperti halnya banyak pegawai yang lokasi kerja di Jakarta, mereka banyak menghabiskan waktu di jalan, karna sering terjebak kemacetan dan jarak kerja yang jauh. 

Bisnis online rumahan ini juga bisa dijalankan tanpa mengeluarkan modal seperti halnya ketika memulai usaha bisnis offline, membayar sewa tempat, barang dagangan, dekorasi / etalase.

Apakah semudah itu, ya semudah itu untuk memulainya, tapi hanya dengan itu tidak menjamin  usaha anda berjalan dengan baik. Untuk menjadikannya bertahan dan berhasil untuk mencapai tujuannya, diperlukan ketekunan dan keuletan.Butuh proses  yang dilakukan secara berkelanjutan.

Keberhasilan tidak bisa didapat dengan mudah, butuh perjuangan usaha dan kerja keras.

Apa saja peluang bisnis online yang bisa dilakukan di rumah dengan tidak memerlukan modal, berikut akan dibahas satu persatu.


1.    Pengiklan Website (Ads Publisher)

Memasang iklan orang lain di website anda.

Disini anda harus memiliki sebuah website, dengan memiliki jumlah pengunjung yang banyak ke website anda. Pastikan anda bisa membuat website dengan konten menarik , tentukan target pembacanya.

Sehingga nantinya ada pihak yang mau memasangkan iklan di website anda.

Bagaimana membuat suatu website?


Pilih Platform Website.

Untuk membuat website bisa dikelompokkan menjadi  dua cara yaitu membuat website dari awal atau membuat website dengan aplikasi yang sudah ada.

Untuk membuat website dari awal, anda harus menggunakan bahasa pemprograman  HTML, CSS, Javascript, PHP dan database MySQL.  Membuat website dari awal tidak dibahas disini karena perlu waktu dan proses yang panjang dan tidak cocok untuk pemula.

Membuat website menggunakan aplikasi yang sudah ada dengan menggunakan platform atau sering juga disebut CMS (Content System Management). Anda bisa merubah, menghapus halaman web dengan mudah tanpa harus mengetahui bahasa pemprograman.

Ada banyak platform website yang tersedia, platform yang paling banyak digunakan diseluruh dunia adalah wordpress. Wordpress merupakan platform dengan  banyak kelebihan, yaitu :

Gratis dan open source.


-          Untuk download, install atau modifikasi tidak dipungut biaya sama sekali. Didukung komunitas yang sangat besar , perkembangan cepat.

-          Cocok untuk pemula

Menggunakan Wordpress cukup mudah, jika bisa menggunakan Microsoft word, juga bisa membuat artikel di website.

Wordpress punya plugin gratis, seperti bikin pooling, rating artikel, album foto, formulir kontak dengan sangat mudah.

-          Bisa untuk membuat website besar atau kecil.

Bisa membuat website blog, bisnis online atau took online bisa menggunakan wordpress.

-          Website responsive.

Website pakai wordpress sudah bisa diakses menggunakan hp, tablet dan tampilan website menyesuaikan dengan ukuran gadget.

-          Komunitas banyak

Karna yang menggunakan platform ini banyak, maka panduan penggunaannya juga banyak. Anda dengan mudah dapat menemukan panduan penggunaanya dengan mencari di google.


Pilih Nama Domain dan web Hosting

Biar websitenya online dan diakses dimana mana, ada 2 hal yang harus dilakukan :

Nama domain

Pilihan nama website yang kita inginkan.  Contoh nama website  : websiteku.com.

Hosting

Tempat dimana semua file website diletakkan biar bisa diakses semua orang.

Untuk nama domain dan hosting, ada yang gratis, ada nada yang berbayar.  Punya domain sendiri bisa  membuat website kita menjadi lebih professional.

Selain itu harga domain dan hosting bisa didapatkan dengan harga murah.

Proses Instalasi dan Modifikasi web.

Kalau suadah beli domain dan hosting sebenarnya website sudah bisa diakses online, Cuma isinya masih kosong.

Jadi anda perlu melakukan proses instalasi platform ke hosting anda.

Panduan instalasi dibahas melalui postingan yang lain. Panduan instalasi ini juga cukup mudah di temukan di internet.

2.    Menjadi Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate Marketing?

Menjadi affiliate marketing prosesnya lebih mudah dibandingkan dengan menjual produk sendiri.

Seorang affialiate marketing berfungsi sebagai perantara untuk menjualkan produk orang lain. Di sini affiliate marketer mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak banyaknya ke website merchant / toko. Saat visitor / pengunjung melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant,  merchant akan mengetahui bahwa visitor itu datang dari anda. Jika visitor tersebut melakukan pembelian atau melakukan transaksi di website merchant, maka anda akan mendapatkan komisi dari merchant tersebut.

Bagaimana merchant bisa mengetahui bahwa link tersebut datang dari anda?

Ketika seorang visitor dating ke website affiliate anda dan mengklik sebuah link meng mengarahkannya ke website merchant, ada suatu proses terjadi di belakang layar, ada sebuah file kecil (cookie) yang ditaruh di website pembeli. Cookie ini berguna untuk memberitahu merchant bahwa pengunjung datang dari affiliate marketer yang mana, sehingga tidak mungkin ada kesalahan dalam pemberian komisi ke merchant.

Kalau belum mempunyai produk yang bagus untuk dijual, menjadi affiliate marketing adalah pilihan yang tepat. Bisnis affiliate marketing ini mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya tidak adanya biaya produksi untuk mengembangkan atau membuat suatu produk. Tidak membutuhkan pengalaman sales / menjual, umumnya merchant menyediakan materi marketing yang bagus yang dapat digunakan di website affiliate yang kita buat. Tidak ada stok barang, anda dapat menjual item besar seperti barang elektronik atau funitur tanpa repot mengurus stok barang. Tidak perlu memproses order merchant yang akan mengurus semua itu. Menghasilkan uang ketika anda tidur, pasar di seluruh dunia, bisa bekerja dari rumah, resiko kecil dengan potensi penghasilan yang besar.

Selain kelebihan di atas, bisnis affiliate marketing juga mempunyai kekurangan  yaitu Income anda tergantung pada merchant. Merchant bisa saja menurunkan komisi, menghentikan program affiliatenya, merchant bisa mensuspend atau memblok anda sebagai affiliatenya atau bahkan menghapus komisi karena melanggar Term of Service (TOS),  bahakan kadang anda sendiri tidak jelas apa yang sudah dilanggar.

Tidak memiliki data customer, affiliate marketer hanya broker traffic (mensupply traffic ke merchant), sehingga tidak punya data customer untuk pengembangan bisnis anda.

Disamping itu affiliate marketer akan bersaing dengan affiliate marketer yang lain untuk menjual / mempromosikan produk / jasa yang sama.

3.    Membuat Toko Online.

Dengan membuat toko online anda tidak membutuhkan membutuhkan modal yang besar untuk bangunan toko fisik dalam menjajakan produk anda. Anda hanya perlu gadget untuk mengatur tampilan toko online pada website toko online anda..

Toko online bisa buka 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminngu. Jangkauan pasar juga tidak terbatas bukan hanya  pada lingkungan sekitar anda.

Ada beberapa media online tersedia untuk membangun toko online anda, seperti blog, website, media social. Atau anda juga bisa bergabung dalam suatu marketplace yang popular saat ini dan membuat tokoonline anda di sana.

Anda bisa menjual barang apa saja bahkan jika anda tidak mempunyai produk sendiri anda tetap bisa sukses menjalankan toko online anda.

Membuat toko online sendiri juga mudah, yang susah adalah mendatangkan pembeli ke toko online anda.

Dalam menjalankan toko online anda perlu ketekunan dan strategi penjualan yang baik agar toko online anda bisa berkembang dengan pesat.


4.    Menjadi Penulis / Content Writer

Menjadi seorang penulis untuk pemilik blog atau website merupakan suatu alternative mendapatkan penghasilan di internet yang tidak memerlukan modal uang. Anda harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga anda bisa menghasilkan karya tulisan yang bagus dan bermutu.

Tugas utamanya adalah menyediakan artikel bagi kliennya, dan mampu memenuhi tuntuan yang diberikan oleh klien tersebut.

Menjadi content writer tidak kalah dibandingkan dengan mempunyai web atau blog sendiri bahkan tak jarang seorang content writer sukses yang  dalam menjalankan karirnya.

Bagaimana tips-tips yang harus diperhatikan oleh seorang content writer pemula?

Seorang content writer harus mengetahui fakta bahwa web atau blog milik klien disediakan sebagai informasi untuk orang lain,  seorang content writer harus berpikir bahwa artikel itu untuk disajikan untuk orang lain, semata mata bukan hanya memikirkan tentang keyword yang ramah untuk mesin pencari. Dan jangan hanya terfokus kepada keyword semata. Dengan memahami prinsip tersebut maka artikel yang ditulis tetap berkualitas dan informatif.

Seorang content writer menulis tentang artikel informatif bukan fiktif, Maka seorang content writer harus memiliki pengetahuan tentang jurnalistik yang baik agar bisa menghasilkan artikel informatif yang tidak mengandung unsur bias pada artikelnya.

Seorang content writer harus memiliki kosa kata yang banyak sehingga dia bisa menghasilkan artikel yang variatif  dan tidak menoton.

Seorang content writer harus memiliki teknis teknis yang baik dalam mengembangkan tema. Misalkan dengan menggunakan teknik 5W + 1 H,menuliskan informasi dengan menyusun unsur atau elemen informasi yang terangkum dalam istilah 5W+1H.

Yaitu Who – Pelaku, subjek, What – Informasi / Peristiwa, Where – Tempat, When – Waktu, Why – latar belakang informasi/peristiwa, How- detail peristiwa.

5 Menjual Jasa.

Jika mempunyai suatu keahlian, bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang melalui internet.
Menjual jasa terkait dengan bakat atau keahlian anda. Usaha menjual jasa minim modal dan jauh lebih hemat dibandingkan dengan usaha non jasa, anda menjual keahlian yang ditunjang oleh beberapa peralatan kerja.
Penting untuk memilih usaha yang benar benar anda kuasai, karna akan memberikan dampak positif bagi kelanjutan usaha anda. Karna hal tersebut juga menyangkut kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa anda.
Banyak peluang usaha menjual jasa yang popular dan banyak permintaan di internet seperti  jasa design  grafis, design logo, design blog, Jasa pembuatan blog, Jasa SEO, Jasa pembuatan artikel, Jasa penterjemahan, Jasa pembelian barang dan lain sebagainya.
Menjual jasa bisa anda lakukan dengan promosi di website anda atau melalui marketplace jasa

Tidak ada komentar:
Write komentar