Apa itu link Nofollow dan Dofollow, pengertian dan
perbedaannya.
Link adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam sebuah
konten blog / website.
Tetapi anda harus memperhatikan dampak baik atau buruk dari
link tersebut. Sebuah link bisa menaikkan peringkat sebuah blog / website ,
juga bisa menurunkan peringkat blog / website tersebut.
Terkait dari aturan google
tentang format link, dimana link terdiri dari dua jenis yaitu link
dofollow dan nofollow, anda harus dapat membedakan antara link dofollow dan
nofollow.
Dalam upaya menyusun peringkat sebuah website di hasil
pencarian , google bot akan melakukan penelusuran konten dengan melakukan
perayapan, sampai pada suatu link / tautan , link tersebut akan memberitahukan
pada bot untuk menelusurinya atau tidak dan menganggapnya sebagai text biasa.
Pengertian Link Dofollow dan Link Nofollow.
Link Dofollow
Jika melihat dari asal katanya dofollow terdiri dari kata do
dan follow yang artinya mengikuti.
Jika ada link yang terdapat pada suatu blog dan mengarah ke
blog lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan
itu.
Dofollow boleh dirayapi atau dicrawling oleh robot bot
Untuk link yang dofollow ini
artinya boleh dirayapi atau dicrawling oleh robot bot, sehingga menyebabkan
google bot merayapi link tersebut sampai ke akarnya.
Kapan anda harus memberikan link doFollow tersebut?
Sebuah link berkualitas hendaklah memiliki sumber yang
relevan dan dapat dipercaya. Melalui link, anda menunjukkan bahwa konten yang
dibuat tersebut ada dasarnya mengarah ke suatu sumber, bisa itu halaman lain
website anda ataupun mengarah ke website orang lain.
Jika membuat link yang relevan dengan konten adalah sumber
yang dapat dipercaya dengan arti kata mempunyai peringkat di deretan atas
pencarian, penggunaan link dofollow kepada website yang dipercaya akan menambah
kualitas konten yang anda miliki, hal
itu disebabkan bahwa konten anda memiliki dasar yang kuat dan itu bisa dilacak
oleh google bot.
Link Nofollow
Kata no follow terdiri dari kata no dan follow yang artinya
tidak mengikuti.
Jika link yang ada di
artikel dipasang secara nofollow , maka jika google melakukan perayapan, maka
google tidak akan mengindex link tersebut sampai ke akarnya.
Tapi untuk mengunjung blog yang mengklik link ini akan tetap
di arahkan menuju ke blog tujuan
Kapan menggunakan Link nofollow
Jika anda ingin membuat sebuah link yang penting buat anda
atau pengunjung blog anda misalkan iklan, atauanda ingin membuat link ke sumber relevan tapi belum
mendapat pengajuan dari google. Maka sebaiknya anda menetapkan bahwa link tersebut adalah link nofollow,
karna akan bermasalah jika anda membuat link tersebut sebagai link dofollow.
Google bot bisa menganggap bahwa link konten anda tidak dipercaya bahkan tidak
ada hubungannya sama sekali.
Tautan rel nofollow akan memberitahu mesin pencari agar link
tersebut diabaikan dan dianggap sebagai text biasa.
Link no follow ini cocok untuk diberikan kepada situs
affiliate yang ditempatkan di dalam postingan.
Karna terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs
affiliate akan dianggap spam oleh google sehingga akan dianggap spam oleh
google. Sehingga akan mengurangi posisi blog dimesin pencari.
Bagaimana untuk membuat link yang no follow dan do follow
pada blogspot cukup mudah.
Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add ‘rel=nofollow’ , seperti contoh gambar di bawah ini
Penerapan link dofollow dan nofollow sebenarnya adalah ilmu SEO yang paling dasar, yang tidak banyak diterapkan oleh blogger. Jika memberikan link kepada situs yang belum jelas kedudukannya lebih baik dalam bentuk link nofollow.
Tidak ada komentar:
Write komentar